Sejak beberapa dekade terakhir, pendidik dan praktisi pendidikan di seluruh dunia mulai menyadari bahwa mempelajari hal-hal di luar kelas dapat membantu peserta didik memahami bahwa belajar di satuan pendidikan memiliki hubungan dengan kehidupan sehari-sehari. Jauh sebelum itu, Ki Hajar Dewantara sudah menegaskan pentingnya peserta didik mempelajari hal-hal di luar kelas, namun sayangnya selama ini pelaksanaan hal tersebut belum optimal. Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.
Dalam kegiatan
projek profil ini, peserta didik memiliki
kesempatan untuk mempelajari tema-tema
atau isu penting seperti perubahan iklim,
anti radikalisme, kesehatan mental, budaya,
wirausaha, teknologi, dan kehidupan
berdemokrasi sehingga peserta didik dapat
melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu
tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan
kebutuhannya.Projek penguatan profil pelajar Pancasila
diharapkan dapat menginspirasi peserta
didik untuk berkontribusi bagi lingkungan
sekitarnya. Bagi pekerja di dunia modern,
keberhasilan menjalankan projek akan
menjadi prestasi.
Dalam skema kurikulum,
pelaksanaan projek penguatan profil
pelajar Pancasila terdapat di dalam rumusan
Kepmendikbudristek No.56/M/2022 tentang
Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka
Pemulihan Pembelajaran yang menyebutkan
bahwa Struktur Kurikulum di jenjang PAUD
serta Pendidikan Dasar dan Menengah terdiri
atas kegiatan pembelajaran intrakurikuler
dan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Sementara pada Pendidikan Kesetaraan terdiri
atas mata pelajaran kelompok umum serta
pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil
pelajar Pancasila.
Penguatan projek profil pelajar Pancasila
diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal
dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar
sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter,
dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila
0 Comments