Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Dalam konteks tersebut, profil pelajar Pancasila memiliki rumusan kompetensi yang melengkapi fokus di dalam pencapaian Standar Kompetensi Lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan dalam hal penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Kompetensi profil pelajar Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0.
Pelajar Indonesia diharapkan memiliki
kompetensi untuk menjadi warga negara yang
demokratis serta menjadi manusia unggul dan
produktif di Abad ke-21. Oleh karenanya, Pelajar
Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi
dalam pembangunan global yang berkelanjutan
serta tangguh dalam menghadapi berbagai
tantangan.
Selain itu, Pelajar Indonesia juga diharapkan
memiliki kompetensi untuk menjadi warga
negara yang demokratis serta menjadi manusia
unggul dan produktif di Abad ke-21. Oleh
karenanya, Pelajar Indonesia diharapkan dapat
berpartisipasi dalam pembangunan global
yang berkelanjutan serta tangguh dalam
menghadapi berbagai tantangan.
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Bernalar kritis.
- Kreatif.
Dimensi-dimensi tersebut menunjukkan bahwa
profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus
pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap
dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa
Indonesia sekaligus warga dunia
0 Comments